Sabtu, 01 September 2012

PENGERTIAN DAN PERAN PROMOSI WISATA


APA ITU PROMOSI PARIWISATA?
Suatu proses kegiatan yang bertujuan agar para konsumen mengetahui ( aware ) adanya produk dan jasa yang ditawarkan kemudian membelinya dan menjadikannya pelanggan yang setia.
PERAN PROMOSI PADA INDUSTRI PARIWISATA
-          Untuk merangsang pembelian produk-produk wisata oleh para konsumen dan meningkatkan efektifitas penjualan pada waktu yang relatif singkat.
-          Perusahaan berusaha menawarkan produk dan berusaha menarik calon kkonsumen baru.

Jenis promosi
1.       Personal selling, langsung pada calon konsumen
2.       Penjualan di lingkungan perusahaan ( in house selling)
3.       Periklanan
·         Pemilihan media iklan berdasarkan pada :
Ø  Tujuan dari pemasangan iklan
Ø  Fungsi pasar yang ditujui
Ø  Karakteristik setiap media
·         Media iklan dipakai dalam usaha promosi dapat dikategorikan :
Ø  Surat kabar dan majalah
Ø  Radio dan televisi
Ø  Brosur secara langsung (direct mall)
-          Memilih calon konsumen yang tepat, menghindari pemborosan
-          Menyampaikan pesan pribadi kepada setiap pelanggan
-          Dapat memilih waktu promosi, menjelang liburan
-          Mampu mengukur secara akurat tanggapan dan mengevaluasi keefektifan biaya yang dikeluarkan
-          Dapat menarik perhatian lebih dibandingkan dengan brosur non wisata.
4.       Promosi Penjualan :
·         Pemberian harga khusus atau potongan harga
·         Pemberan cendera mata, serta kenang-kenangan lainnya.
·         Memberikan harga khusus, voucher, bonus dan lain-lain.
·         Bagi agent diberikan harga komisi, undian hadiah, hadiah langsung.
·         Bagi tenaga sales diberikan bonus, insentif hadiah, insentif perjalanan, undian berhadiah.
5.       Publitas ( Publicity)
Kegiatan untuk memancing nasabah melalui kegiatan seperti pameran, bakti sosial dan kegiatan lainnya untuk meningkatkan pamor perusahaan di mata konsumennya.

Tidak ada komentar: